Tuesday, April 7, 2009

Bahaya Teh Celup

Apakah anda suka minum teh? Pernah mencicipi teh celup yang praktis dan nikmat?
Banyak manfaat dari teh, misalnya teh merah untuk relaksasi, teh hitam untuk pencernaan, teh hijau untuk melangsingkan tubuh.
Tetapi untuk teh celup perlu anda waspadai akan bahayanya. Hal ini disebabkan dari kemasan teh yang biasa kita celup dalam air panas.
Kemasan yang terbuat dari kertas inilah yang membahayakan bila tidak diolah dengan proses neutralisasi dari chlorine.
Apakah chlorine itu? Chlorine adalah senyawa kimia yang sangat berbahaya bagi lingkungan dan biasanya dipakai untuk memutihkan pulp yang berwarna coklat kehitaman agar menjadi berwarna putih, selain itu berfungsi sebagai disinfektan pada kertas agar kertas terbebas dari bakteri pembusuk sehingga kertas menjadi lebih tahan lama. Cara mengetahui kadar clorine pada kertas atau kain adalah dengan menyinari bahan tersebut dengan sinar ultraviolet.
Apabila kertas itu mengeluarkan cahaya saat terkena sinar ultraviolet dalam ruang yang gelap, berarti dapat dipastikan bahwa ada kandungan chlorine yang tinggi. Di negara yang maju ada cara tertentu untuk menghilangkan kadar chlorine dalam kertas dengan cara menetralisasi. Setelah melewati tahap netralisasi dari senyawa chlorine maka akan mendapatkan label kesehatan. Hal ini belum di terapkan di Indonesia.
Nah, bagaimana menghindari bahaya tersebut? Pertama jangan mencelup teh celup lebih dari 5 menit agar kandungan chlorine tidak ikut larut dalam air. Kedua, yang lebih aman memang kembali ke cara lama yang sedikit repot yaitu menyeduh daun teh dengan air panas dan menyaringnya saja.
Selanjutnya pilihan ada ditangan anda…………………

No comments:

Post a Comment